-->

Apa sikap positif yang harus dimiliki setiap orang ?

Konten [Tampil]

Jika kita berbicara tentang sikap, maka yang pertama terlintas adalah diri kita sendiri. Sikap, karakter, atau bahasa modern nya attitude, adalah tindakan reaktif yang dilakukan saat berinteraksi dengan orang lain. Sebagai seorang makhluk sosial yang dikaruniai akal dan budi tentunya kita harus memiliki sikap dan karakter yang baik. Nah sikap apa sih yang harus kita miliki, apalagi jika kita sudah terjun ke dunia masyarakat. Tapi bukan hanya di lingkungan masyarakat loh, sikap ini juga harus diterapkan saat kamu bersosialisasi dengan orang lain. Berikut sikap positif yang menurutku penting untuk dimiliki seseorang.

1. Peka terhadap sekitar
Artinya apa ? hidupmu bukan hanya tentang dirimu sendiri, ada orang lain, dan lingkungan sekitarmu, sesimpel jika kamu melihat sampah dijalan, ambil dan buanglah atau jika kamu melihat barang berserakan, mendekat dan rapihkanlah. Lakukan itu atas kesadaran kalian sendiri, jangan menunggu disuruh baru kalian melakukannya.
2. Jangan suka ikut campur urusan orang lain
Mungkin bagi sebagian orang ikut campur urusan orang lain berniat baik yaitu untuk membantu menyelesaikan masalahnya, tapi apa setiap orang menginginkan hal tersebut. Maka dari itu jangan ikut campur, sebelum orang itu meminta mu untuk membantunya.
3. Dengarkan saat orang berbicara padamu
Simpel memang, tapi pada kenyataannya masih banyak orang yang sibuk dengan gadget nya sendiri saat diajak mengobrol dengan orang lain. Apa kalian tidak sadar hal itu bisa membuat orang lain sakit hati ? Orang lain akan merasa dirinya dicueki, buat kalian yang masih seperti ini cobalah sedikit demi sedikit berubah, cobalah hargai orang yang sedang berbicara denganmu.
4. Tanggap dengan keadaan
Artinya, saat dimana kamu melakukan hal spontan dalam keadaan yang sedang terjadi. Misal saja ada teman mu yang sedang bersedih, sebaiknya kalian menghiburnya, jangan malah kalian membuat situasi makin tidak enak.
5. Bermurah senyum lah
Mungkin akan terdengar biasa saja namun siapa sangka hal kecil seperti ini akan berdampak baik kepadamu juga. Cobalah bermurah senyum kepada siapa saja entah saat kamu berpapasan dijalan dengan seseorang ataupun dengan orang yang tidak kamu kenal sama sekali. Bukan berarti sok kenal atau gimana tapi justru orang akan menilaimu bahwa kamu orang yang memiliki karakter yang baik, kenapa begitu ? Karena sikap tersebut menunjukkan bahaw kamu tidak cuek dengan orang sekitar.
6. Mengayomi
Untuk sikap yang satu ini ditujukan untuk para kakak yang punya adik nih, sebagai seorang kakak seharusnya kalian bisa membimbing dan mengarahkan adik kalian ke jalan yang benar, walaupun kalian juga belum sepenuhnya menjadi orang yang baik.
7. Biasakan mengucapkan Tolong, Maaf, dan Terimakasih
Nah untuk yang satu ini penting nih, harus diterapkan di lingkungan mana saja, dan juga kepada siapa saja. Tolong untuk meminta bantuan, Maaf untuk meminta maaf jika ada salah, dan terimakasih jika telah diberi atau dibantu seseorang. Pembiasaan ini sebenarnya harus dilakukan sejak dini.
8. Bersyukur
Tuhan yang maha kuasa telah memberikan sesuatu yang lebih kepada kita, hal apapun yang sudah diberikan kepada kita adalah adalah yang terbaik menurut-Nya, oleh karena itu kita harus senantiasa bersyukur atas apa yang telah tuhan berikan, dan apa yang kita punya saat ini.
9. Positif thinking 
Berpikir positif merupakan sikap yang harus dimiliki setiap orang, karena dengan berpikir positif dapat menjauhkan kita dari hal - hal yang kurang baik. Dan dapat memberikan pengaruh yang baik pula terhadap hati kita.

Contoh sikap yang lain memang masih banyak sekali, tapi menurutku contoh diatas adalah sikap yang masih jarang orang lain miliki. Karakter seseorang pastilah berbeda - beda ada yang baik dan buruk, coba kita kembali koreksi diri apa yang kurang dari diri kita. Jika masih ada buruk, maka perbaikilah dan apa yang sudah baik, pertahankan.
Karakter seseorang bisa berubah seiring berjalannya waktu, tapi asalkan kita terbiasa menerapkannya.
"Kita bisa karena terbiasa"

Bantu support kami dengan klik link dibawah ini 
Semoga Bermanfaat :))
See you 

Baca juga

Post a Comment