-->

Optimalkan Online Presence, Senjata Digital UMKM untuk Meningkatkan Penjualan Bersama Exabytes Indonesia

Konten [Tampil]

 

Optimalkan Online Presence, Senjata Digital UMKM untuk Meningkatkan Penjualan Bersama Exabytes Indonesia


Senjata digital UMKM untuk meningkatkan penjualan salah satunya yaitu dengan membangun online presence. Pernahkah kamu mendengar istilah online presence? Online presence atau kehadiran secara online merujuk pada sebuah bisnis atau individu yang muncul dalam dunia digital.

Bagi sebuah bisnis seperti UMKM, online presence adalah hal yang perlu diperhatikan ketika ingin meningkatkan performa bisnis dan penjualan. Karena online presence dapat menjadi senjata digital UMKM untuk meningkatkan penjualan. Sebab, dikutip dari data Wordstream, sebanyak 97% orang mengetahui bisnis lokal dari internet. Oleh karena itu penting untuk mengoptimalkan online presence jika UMKM kamu ingin diketahui lebih banyak orang.

Mengoptimalkan online presence dapat dilakukan dengan berbagai cara, nah pada artikel kali ini kita akan membahas mulai dari apa itu online presence, manfaatnya bagi UMKM, hingga membangun online presence bersama Exabytes. Yuk, langsung saja simak sampai akhir!

Kendala Terbesar UMKM Indonesia dalam Bertransformasi Digital

Seperti yang disebutkan tadi, lebih dari 90% pengguna menemukan bisnis secara online, mereka menghabiskan banyak waktu berselancar di dunia internet untuk menemukan apa yang mereka mau.

Jika UMKM ingin ditemukan oleh mereka, maka sudah saatnya kamu harus bertransformasi secara digital.

Faktanya, menurut databoks.katadata.co.id, pada tahun 2022 ada sekitar 64 juta UMKM di seluruh Indonesia, namun baru sekitar 29% atau 19 juta UMKM yang dapat mengembangkannya sebagai bisnis online.

Berdasarkan survei yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa mayoritas para UMKM memiliki beberapa kendala yang membuat mereka belum bertransformasi secara digital, diantaranya seperti pada statistik berikut.

kendala UMKM


Untuk bertransformasi dan membangun senjata digital UMKM untuk meningktkan penjualan, kamu dapat mengoptimalkannya melalui online presence, di bawah ini terdapat penjelasan lebih lengkap mengenai online presence.

Apa Itu Online Presence?

Online presence adalah sebuah cara yang dilakukan seseorang atau bisnis untuk muncul pada dunia online atau digital. Hal ini termasuk dalam semua cara bagaimana bisnis ditemukan di internet, baik itu website, media sosial, forum, atau yang lain.

Online presence mampu menjadi senjata digital UMKM untuk meningkatkan penjualan dan membawa banyak manfaat bagi bisnis seperti UMKM, mulai dari membangun merek, menjangkau audiens yang lebih luas, dan masih banyak lagi.

Manfaat Online Presence bagi Bisnis dan UMKM

Online presence tidak hanya bermanfaat sebagai senjata digital UMKM untuk meningkatkan penjualan. Agar kamu lebih paham apa saja manfaat online presence, di bawah ini terdapat poin-poin yang perlu kamu ketahui.

Memudahkan Pelanggan Mengakses Bisnis

Seperti yang disebutkan di atas, kebanyakan orang mencari tahu tentang bisnis dan produk melalui internet. Dengan hadir secara online melalui website atau sosial media membuat pelanggan lebih mudah dalam mengakses UMKM kamu.

Di sana pelanggan dapat mencari tahu lebih detail tentang produk, spesifikasi, harga, dan masih banyak lagi.

Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Hadir secara online di internet membantu UMKM untuk menjangkau pelanggan pelanggan secara lebih luas. Berbeda jika hanya mengandalkan bisnis offline atau toko, UMKM hanya dapat menjangkau audiens yang berada pada sekitar daerah tersebut.

Dengan online presence, kamu berpotensi mendapat pelanggan baru, mengirim pesanan produk hingga ke luar negeri, dan pelanggan dapat berbelanja hingga 24 jam dari mana saja dan kapan saja.
Meningkatkan Penjualan Produk

Manfaat online presence berikutnya bagi UMKM tentu dapat membantu meningkatkan penjualan produk, ketika ada lebih banyak pelanggan yang menemukan UMKM kamu, maka potensi penjualan produk juga akan meningkat. Dengan begitu, UMKM akan menjadi lebih besar.

Meningkatkan Kredibilitas

Online presence juga mampu meningkatkan kredibilitas bisnis dan membuat tingkat kepercayaan pelanggan jadi lebih tinggi. Adanya situs web dan akun sosial media membuat pelanggan percaya bahwa UMKM ini benar-benar ada dan tidak ragu untuk melakukan pembelian.

Meningkatkan Awareness dan Engagement

Mungkin sebelumnya ada orang yang masih belum tau tentang merek UMKM kamu, namun dengan hadir secara online mereka akan lebih aware tentang produk yang kamu jual. Meski tidak secara langsung, tapi dari kesadaran inilah yang akan membawa mereka menuju transaksi pembelian.

Selain itu, dengan memiliki akun sosmed UMKM kamu juga dapat lebih banyak berinteraksi dengan pelanggan salah satunya melalui kolom komentar sehingga dapat meningkatkan engagement pelanggan. Dari sini kamu bisa memahami pelanggan dengan lebih baik.

Sampai sini kamu sudah lebih mengerti apa manfaat online presence bagi UMKM, sekarang yuk saatnya mulai membangun online presence.

Meningkatkan Penjualan

Terakhir, ketika bisnis kamu mudah ditemukan pelanggan di internet, maka pelanggan juga lebih mudah dalam melakukan pembelian. Mereka hanya perlu mencari brand UMKM kamu setelah itu muncul situs web dan sosial media resmi UMKM. 

Hal ini akan membantu UMKM dalam meningkatkan penjualan produknya.

Bagaimana Cara Membangun Online Presence?

cara membangun online presence

Setelah mengetahui jika online presence adalah salah satu senjata digital UMKM untuk meningkatkan penjualan, lalu bagaimana mulai membangun online presence? Di bawah ini kita akan membahas lebih detail cara membangun online presence bagi pelaku UMKM.

Tentukan Tujuan dan Strategi

Sebelum menekuni online presence, sebaiknya tentukan tujuan dan strategi kamu dalam membangun kehadiran online. Apakah kamu ingin menjangkau pasar secara lebih luas, ingin pelanggan mengetahui UMKM, atau meningkatkan penjualan produk.

Setelah mengetahui tujuannya, kemudian tetapkan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut.

Membuat Situs Web yang Menarik

Salah satu cara agar UMKM kamu hadir secara online yaitu melalui situs web. Website adalah pondasi utama untuk membuat UMKM bertransformasi secara digital, pastikan web kamu memiliki desain yang menarik namun tetap ramah pengguna.

Sediakan informasi yang jelas tentang UMKM, produk, harga, dan informasi lain yang relevan. Apabila kamu tidak bisa membangun website sendiri, saat ini banyak jasa pembuatan website yang harganya bisa kamu sesuaikan dengan budget.

Optimasi Media Sosial

Selain membuat website, kamu juga perlu mengoptimasi media sosial. Ketika UMKM kamu memiliki akun media sosial Instagram misalnya, jangan biarkan akun tersebut hanya memposting produk UMKM saja, tetapi terapkan strategi marketing seperti membuat profil yang menarik, gunakan hashtag yang relevan, kemudian jika biayanya memungkinkan, kamu juga bisa menggunakan jasa influencer marketing.

Ciptakan Konten yang Berkualitas

Baik pada website maupun media sosial, ciptakan konten yang berkualitas dan pastikan konten tersebut relevan dengan produk UMKM kamu. Bukan berarti, kamu harus terus-terusan memposting tentang produk, kamu juga bisa selingi dengan fakta menarik, komedi, atau yang lain.

Tingkatkan keterlibatan pelanggan

Terakhir adalah meningkatkan keterlibatan pelanggan, kamu bisa berinteraksi melalui media sosial dengan cara memberikan umpan balik ke pelanggan, menanggapi pertanyaan, atau yang lain. Pastikan tanggapi mereka secara baik agar kamu dapat meninggalkan kesan positif.

Itulah beberapa cara membangun online presence bagi pelaku UMKM yang saat ini masih belum bertransformasi secara digital maupun yang sudah namun belum optimal keberadaannya.

Bangun Website Bisnis untuk Senjata Digital UMKM Bersama Exabytes Indonesia

Salah satu cara membangun online presence sebagai senjata digital UMKM untuk meningkatkan penjualan yakni dengan membangun website bisnis. Exabytes adalah solusi web hosting Indonesia yang dapat membantu kamu menciptakan website bisnis, lalu bagaimana langkah tepat dalam membangunnya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Pilih Provider Domain dan Hosting Terpercaya

Langkah pertama adalah memilih provider domain murah dan web hosting murah yang terpercaya salah satunya seperti Exabytes. Domain adalah alamat website yang nantinya diakses oleh pelanggan, sedangkan hosting adalah tempat dimana website kamu dibangun.

Pastikan pilih domain yang namanya sesuai dengan brand, agar tetap menjaga kredibilitas bisnis. Kemudian tentukan hosting yang sesuai dengan kebutuhan website UMKM.

Exabytes Indonesia menyediakan berbagai jenis domain dengan ekstensi yang beragam untuk situs web kamu dengan harga yang murah namun kualitas terbaik. Exabytes telah menyediakan registrasi domain sejak 21 tahun yang lalu dan dipercaya banyak pelanggan sehingga sudah pasti terpercaya.

wordpress hosting

Tentukan Tema dan Platform Website

Apabila sudah membeli domain dan hosting, kemudian tentukan tema dan platform website, pastikan kamu memilih tema dan warna yang selaras dengan identitas brand UMKM. Jika tema sudah ditentukan, pilih platform yang akan digunakan, ada beberapa platform website salah satunya adalah CMS WordPress.

Exabytes juga menyediakan WordPress hosting yang telah didukung dengan teknologi Litespeed dan NVMe SSD, sehingga mampu menjadi solusi sempurna untuk kesuksesan situs UMKM kamu.

wordpress hosting


Setelah itu atur tata letak dan elemen website yang kamu butuhkan dan tambahkan plugin yang dapat melengkapi fungsi website.

Buat Artikel yang Relevan

Setelah website sudah dibangun, isi website kamu dengan artikel atau konten yang relevan. Pada halaman depan website atau landing page, berikan informasi produk UMKM secara jelas, kemudian kamu juga bisa buat halaman khusus untuk blog. Pada blog, kamu bisa mengisi artikel-artikel yang relevan dengan produk. Beberapa referensi konten seperti.
  • Tutorial
  • Artikel listicle
  • Tips
  • Review, dan masih banyak lagi.

Optimalkan SEO

Selanjutnya adalah mengoptimalkan SEO, baik pada website maupun artikel yang sudah kamu buat. Pada artikel, terapkan kaidah SEO seperti riset keyword sesuai topik, internal link, heading, ALT image, meta description dan berbagai kaidah SEO lainnya.

Kamu bisa menemukan informasi tentang SEO, website, bisnis, dan berbagai artikel lainnya pada blog Exabytes. Dengan mengoptimalkan SEO dapat membantu meningkatkan peringkat artikel pada mesin pencari, sehingga website kamu akan lebih mudah ditemukan pelanggan.

Ketika kehadiran website kamu mudah ditemukan pelanggan, maka pelanggan akan mencari tahu produk lebih dalam dan berpotensi melakukan pembelian produk.

Promosikan Website

Setelah website sudah dibuat, sekarang saatnya untuk mempromosikan website. Kamu bisa mempromosikan website di sosial media seperti Instagram, TikTok, Twitter, atau yang lain, yaitu dengan cara meletakkan URL website di bio profil, memasukan link website atau konten pada postingan media sosial.

Dengan mempromosikan di media sosial akan membantu meningkatkan lalu lintas ke website.

Mengapa Memilih Exabytes Sebagai Partner Senjata Digital UMKM?

kelebihan exabytes


Exabytes Indonesia merupakan salah satu penyedia solusi cloud, e-commerce, dan digital yang terkemuka tidak hanya di Indonesia tetapi hingga Asia Tenggara. Sejak tahun 2001 sampai saat ini Exabytes berhasil membantu lebih dari 160 ribu bisnis di seluruh dunia dalam mendigitalkan dan memperluas cakupan bisnis secara online.

Lalu dari berbagai provider domain dan hosting di Indonesia, mengapa harus Exabytes sebagai partner senjata digital UMKM untuk meningkatkan penjualan kamu?

Brand Terpercaya dan Terkemuka

Exabytes Indonesia adalah brand terpercaya dan terkemuka dalam menyediakan solusi cloud, website, solusi enterprise, dan masih banyak lagi. Tidak hanya dipercaya oleh Indonesia, namun hingga 121 negara dengan 160.000 pelanggan mulai dari mahasiswa, bisnis, UMKM, hingga pemerintah.

Lebih dari 22 tahun, Exabytes dipercaya dalam menyediakan platform web hosting Indonesia untuk kebutuhan para pelanggan sehingga mampu membantu para bisnis agar memiliki website sendiri dan hadir secara online di internet.

Lebih dari Sekadar Penyedia Web Hosting

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Exabytes tidak hanya menyediakan layanan web hosting. Lebih dari itu, Exabytes juga menyediakan beberapa solusi lain, diantaranya seperti.
  • Email marketing
  • Facebook Ads
  • Google Ads
  • Layanan SEO
  • Jasa Pembuatan Website
  • Desain Logo, dan masih banyak layanan lainnya.
Exabytes merupakan provider terlengkap yang mampu memenuhi seluruh kebutuhan digital kamu. Dengan demikian, di samping menggunakan layanan web hosting Exabytes, kamu juga dapat menggunakan layanan lain dari Exabytes untuk membantu kehadiran online UMKM kamu.

Layanan dan Produk Terbaru yang Andal

Alasan berikutnya karena Exabytes selalu meluncurkan produk-produk terbaru sebagai solusi digital bisnis kamu. Mereka selalu menyesuaikan produk dengan kebutuhan bisnis pelanggan, sehingga pelanggan akan merasa terbantu dengan inovasi-inovasi produk tersebut.

Terbukti Kepuasan Pelanggan 100%

Mampu bertahan selama lebih dari 22 tahun membuktikan bahwa Exabytes telah memberikan layanan yang berkesan bagi para pelanggan. Produk dan layanan yang ditawarkan Exabytes terbukti mampu berhasil mencapai kepuasan para pelanggannya.

Aku adalah salah satu pelanggan Exabytes selama hampir 4 tahun, produk dari Exabytes yang aku pakai yaitu domain yang digunakan pada blog ini.

kepuasan pelanggan Exabytes

Dari perpanjangan domain hingga bertahun-tahun tersebut bisa kamu lihat bahwa Exabytes membuat pelanggan merasa puas terhadap pelayanan dan produk yang mereka tawarkan.

Bangun Senjata Digital UMKM Bersama Exabytes Sekarang!

Sekarang kamu sudah apa itu online presence, cara membangun online presence, hingga bagaimana membuat website bisnis untuk membantu kehadiran online sebagai senjata digital UMKM untuk meningkatkan penjualan kamu.

Bagaimana sampai sini kamu tertarik untuk mengoptimalkan online presence untuk bantu meningkakan penjualan UMKM? Yuk, bangun senjata digital UMKM untuk meningkatkan penjualan melalui pembuatan website bersama Exabytes.

Exabytes memiliki misi untuk selalu untuk membantu pelaku UMKM dalam mendigitalkan bisnis mereka, jadi tunggu apa lagi? Bergabung bersama puluhan ribu pelanggan lainnya!

lomba blog exabytes


Baca juga

Post a Comment