-->

Buat Bisnis dan UMKM Lebih Go Online Melalui Website Bersama Jagoan Hosting

Konten [Tampil]
Buat website bisnis, buat website umkm - Fitur image


Bagi seorang pebisnis, mereka tentu ingin produknya diketahui oleh lebih banyak orang, sehingga akan membantu meningkatkan penjualan.

Seiring berkembangnya jaman, tren pun semakin berubah. Saat ini di samping berbelanja langsung ke toko, masyarakat cenderung lebih senang berbelanja online.

Oleh karena itu, sebagai pebisnis mau tidak mau kamu pun harus mengikutinya agar tetap memiliki pelanggan, yaitu dengan cara mendigitalisasi bisnis agar go online dengan membuatkan website bisnis.

Nah, untuk kamu yang saat ini berencana mengembangkan bisnis dan UMKM, artikel ini akan membahas banyak salah satunya adalah bagaimana cara buat website bisnis agar go online.

Peningkatan Persentase Masyarakat dalam Berbelanja Online

Mungkin diantara kamu masih ada yang bertanya-tanya, apakah tren sudah benar-benar berubah dan apakah sudah saatnya buat website bisnis? Agar lebih jelas, mari kita lihat kenyataannya di lapangan.

Faktanya, berdasarkan rilisan laporan yang dilakukan SIRCLO bersama Katadata Insight Center, sejak pandemi COVID-19 lalu konsumsi masyarakat akan platform digital semakin meningkat, khususnya pada e-commerce.

Sejak pandemi, terjadi peningkatan kegiatan belanja online menjadi 25,5% yang sebelumnya hanya 11% saja. Sisanya, 74,5% tersebut melakukan belanja online dan offline, namun persentasenya masih lebih banyak yang online.

Dari data tersebut bisa dilihat bahwa kebiasaan belanja masyarakat sudah berbeda dan untuk kamu para pelaku bisnis harus selalu adaptif serta menerapkan strategi agar bisa mengikuti perubahan ini.

Adapun platform yang digunakan untuk belanja meliputi marketplace, sosial media, dan website. Itulah mengapa penting untuk kamu buat website bisnis atau toko online sendiri.

Alasan Mengapa Bisnis Harus Go Online

Buat website bisnis, website umkm - alasan bisnis harus go online

Kita tentu tahu jika ada banyak UMKM lokal dengan kualitas yang tidak kalah dengan merek internasional, namun seringkali keberadaan produk mereka belum banyak diketahui konsumen karena kurangnya akses informasi. Itulah mengapa untuk para pemilik UMKM sudah saatnya go online untuk mengenalkan brand pada masyarakat luas.

Lalu, seberapa penting sih sebuah bisnis harus go online? Di bawah ini terdapat beberapa alasannya.

Menjangkau pasar lebih luas

Alasan pertama kenapa kamu harus go online yaitu agar lebih banyak konsumen yang tahu tentang produk tersebut. Dengan mempromosikan lewat online, potensi mendapatkan pelanggan baru semakin besar.

Sehingga dari sana kamu bisa mendapatkan pelanggan yang mungkin sebelumnya belum tahu mengenai produk UMKM milikmu.

Menyesuaikan trend saat ini

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya jika tren belanja saat ini sudah berbeda, konsumen lebih senang berbelanja online karena lebih mudah dan efektif. Apabila UMKM kamu sudah go online, maka pelanggan juga akan lebih mudah dalam memesan. Mereka tidak harus datang dulu ke toko untuk membeli produknya.

Meningkatkan kredibilitas bisnis

Membuat bisnis menjadi go online secara tidak langsung akan mencerminkan keseriusan kamu dalam berjualan. Konsumen akan melihat bahwa bisnis tersebut terlihat profesional dan kredibel.

Dari situ maka mereka akan lebih percaya dan tidak segan-segan menggunakan produk bisnis kamu.

Memudahkan komunikasi dengan pelanggan

Ketika memutuskan untuk buat website UMKM, potensi untuk berkomunikasi dengan pelanggan akan semakin besar. Misalnya jika lewat website, kamu bisa membuat sebuah FAQ untuk menjawab pertanyaan yang masuk dari pelanggan.

Sedangkan jika di sosial media, kamu dapat berkomunikasi dengan mereka lewat kolom komentar. Dari situ juga dapat membantu engagement media sosial semakin besar.

Meningkatkan penjualan produk

Belanja secara online memang lebih efektif dan mudah, pelanggan bisa belanja dari mana saja dan kapan saja, itulah kenapa banyak pelanggan yang memilih secara online.

Semakin mudah proses transaksinya, maka potensi penjualan produk juga akan meningkat. Karena pelanggan sudah merasakan bagaimana kemudahannya, sehingga di kemudian hari mereka akan berbelanja lagi.

Setelah mengetahui berbagai alasannya, lalu bagaimana sih cara agar bisnis UMKM bisa go online?

Cara Agar Bisnis dan UMKM Go Online

Go online artinya membuat bisnis dapat ditemukan lebih mudah lewat internet, ada dua cara bagaimana kamu dapat mendigitalisasi bisnis yaitu lewat sosial media dan website.

Memiliki akun sosial media

Hampir seluruh brand atau produk besar memiliki akun sosial medianya sendiri, baik di Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, hingga yang terbaru adalah TikTok. Karena sosial media adalah tempat interaksi yang besar antar pengguna.

Membuat akun sosial media untuk bisnis tentu bukan tanpa alasan. Dengan adanya akun tersebut dapat menjadi ajang untuk mengenalkan pada user sosial media, bahwa terdapat produk milik UMKM kamu.

Kemudian dari sisi pelanggan, mereka juga menjadi lebih mudah dalam menemukan produk yang kamu jual.

Memiliki website

Jika sosial media, mungkin hampir seluruh bisnis atau usaha memilikinya. Namun, untuk website belum tentu. Karena membuat website tidak semudah mendaftar akun sosial media.

Tetapi dengan buat membuat website, kamu menjadi lebih leluasa dalam mengenalkan dan mempromosikan produk. Kamu dapat menjelaskan seperti apa fitur produknya dan apa saja kelebihannya.

Sampai sini sudah tahu kan bagaimana cara agar go online? Yaitu lewat sosial media dan website. Karena mendaftar akun sosial media cukup mudah, maka dari itu selanjutnya kita akan membahas lebih dalam bagaimana mulai membangun website.

Mulai Bangun Website untuk Bisnis dan UMKM

Buat website bisnis, website umkm - hal yang perlu disiapkan untuk buat website

Ketika mendengar kata website, sebagian orang mungkin akan berpikir jika pembuatannya sulit padahal siapapun dapat membangun website mereka dari nol. Untuk kamu para pelaku UMKM, berikut ada beberapa hal yang harus disiapkan ketika hendak membuat website.

Tentukan ide website

Langkah pertama adalah menentukan ide website, ada beragam jenis website yang bisa dibuat. Karena untuk bisnis maka disarankan buat website bisnis atau web toko online.

Di situs ini nantinya kamu dapat menampilkan produk yang dijual, kemudian pelanggan juga dapat langsung berbelanja.

Tentukan konsep dan fitur website

Setelah menentukan ide website, selanjutnya adalah pikirkan mengenai konsep dan fitur yang akan ada pada website UMKM. Kamu bisa membuat beragam fitur pada website, oleh karena itu tentukan  fitur apa saja yang akan tampil. Misalnya seperti fitur belanja, fitur live chat, dan masih banyak fitur lainnya.

Pilih domain yang sesuai nama brand

Domain adalah nama website yang nantinya akan selalu diingat oleh pelanggan. Maka dari itu pastikan  pilih domain sesuai dengan nama brand kamu, karena domain adalah identitas situs.

Untuk mengecek apakah domain yang dipilih sudah digunakan atau belum, kamu bisa menggunakan tool pengecekan domain. Selain itu pastikan menggunakan top level domain yang profesional seperti .com, .co.id, atau .id.

Pilih paket hosting sesuai kebutuhan

Selain domain, hosting juga diperlukan dalam sebuah website. Ibaratnya, hosting adalah halaman di mana website akan dibangun. Ada beragam pilihan paket hosting yang ditawarkan, kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Hosting merupakan tempat di mana seluruh file website akan tersimpan, sehingga bisa diakses pengunjung lewat internet. Sehingga, pastikan kamu menggunakan hosting yang aman dan terpercaya.

Salah satu provider hosting terbaik yang terpercaya di Indonesia yaitu Jagoan Hosting. Mengapa harus Jagoan Hosting untuk pilihan hosting website bisnis? Ini dia berbagai keunggulannya.

Rekomendasi Hosting Bisnis, Jagoan Hosting

Jagoan Hosting adalah salah satu rekomendasi hosting bisnis yang dapat menjadi pilihan untuk kamu yang hendak buat website UMKM. Mereka memiliki layanan unlimited hosting dengan beragam fitur yang diberikan.

Apabila kamu masih belum yakin dengan provider ini, kami akan menjelaskan beberapa keunggulannya.

Menyediakan banyak paket pilihan

Jagoan Hosting menyediakan beragam paket pilihan hosting yang bisa dipilih. Mulai dari 6 ribuan saja per bulan kamu sudah bisa menggunakan hosting untuk website. Sangat murah kan?

Masing-masing pilihan ini memiliki fitur yang berbeda, namun fitur utama yang pasti kamu dapatkan yaitu unlimited SSD, disk space, addon domain, sub domain, bandwidth, hingga free domain.
buat website bisnis, website umkm - pilihan paket hosting

App Auto Installer

Selanjutnya, yang menarik dari hosting mereka adalah instal aplikasi dan website yang hanya perlu satu kali klik saja. Ketika mengorder layanan di Jagoan Hosting kamu akan sekaligus diminta email untuk instalasi situs.

Sehingga ketika order selesai, website kamu pun sudah jadi dan tinggal pakai saja, efektif banget kan?

Berbagai tema dari Premium Divi Theme

Saat buat website bisnis, tema adalah salah satu hal yang akan menjadi perhatian pelanggan. Selain itu tema juga merupakan representasi dari sebuah brand. Oleh karena itu agar website kamu semakin menarik, paket Jagoan Hosting sudah sekaligus memberikan banyak pilihan tema dari premium divi theme.

Sehingga pembuatan website bisa lebih cepat karena kamu tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan.

Full support team

Apabila kamu baru pertama kali memesan hosting dan membangun website, tenang saja karena Jagoan Hosting siap memandu dari awal hingga website siap digunakan.

Paket hosting yang ditawarkan mereka sudah termasuk memberikan team support dan fitur chatbot apabila terjadi kendala nantinya. Jadi, tidak perlu ragu dan bingung karena mereka siap membantu.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki Jagoan Hosting, bagaimana semakin yakin untuk menggunakan paket hostingnya? Jika sudah memilih paket hosting, sekarang giliran kamu untuk langsung buat website UMKM-nya.

Cara Membuat Website Bisnis dengan Jagoan Hosting

Jika tertarik buat website bisnis dengan Jagoan Hosting, kamu bisa simak beberapa langkahnya di bawah ini. Yuk, langsung saja simak sampai akhir.

Order domain dan hosting

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu membeli domain, hosting, serta meregistrasinya. Kamu bisa memilih paket hosting seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Selain itu Jagoan Hosting juga menawarkan domain murah yang bisa pilih.

Pilih paket hosting bisnis sesuai kebutuhan kamu seperti berikut, kemudian klik Selected.

buat website bisnis, buat website umkm - pilih paket hosting

Setelah itu cek ketersediaan domain pada kolom di bawah, apabila sebelumnya kamu sudah punya domain pilih yang Transfer Domain. Selanjutnya pilih metode pembayaran yang diinginkan.

Jika sudah, centang bagian I have read& agree to the Terms of Service, lalu pilih Checkout.

buat website bisnis, website umkm - cari domain - klik checkout

Selesai, setelah itu order akan diproses oleh tim, apabila berhasil kamu akan mendapat konfirmasinya lewat WhatsApp.

Pilih platform website

Setelah registrasi domain dan hosting, selanjutnya kamu bisa memilih platform website apa yang akan digunakan. Ada berbagai pilihan platform atau CMS, salah satunya adalah WordPress.

WordPress merupakan salah satu CMS yang banyak digunakan untuk website, selain itu tidak harus bisa coding untuk melakukan setting platform ini.

Install WordPress via softaculous

Langkah buat website bisnis selanjutnya adalah instalasi WordPress. Ketika membeli paket hosting, kamu akan sekaligus mendapat banyak fitur, salah satunya seperti softacuolous yang merupakan aplikasi installer otomatis.

Nah, di sinilah kamu akan install wordpress. Caranya, masuk cPanel > pilih Softaculous Apps Installer > WordPress.

buat website bisnis, website umkm - pilih wordpress

Setelah itu muncul tampilan seperti di bawah dan, klik Install now.

buat website bisnis, website umkm - klik install now

Lalu isi beberapa kolom yang diperlukan seperti di bawah. Jika sudah klik Install.

buat website bisnis, website umkm - isikan kolom software setup


buat website bisnis, website umkm - klik install

Setelah itu proses instalasi akan berjalan dan tunggu hingga selesai.

Nah, apabila instalasi berhasil kamu akan mendapat akses ke halaman WordPress admin dan halaman website.

Kustomisasi website

Langkah buat website bisnis berikutnya adalah mengkustomisasi website atau WordPress yang sudah berhasil terinstall. Ada beberapa hal yang bisa kamu kustom dan setup pada website.

Diantaranya seperti tema dan plugin. Oleh karena itu di bawah ini terdapat langkah mengganti tema dan menambah plugin.

Untuk mengganti tema, masuk pada halaman WordPress admin, kemudian pilih Appearance > Themes > lalu tuliskan tema yang kamu inginkan. Jika sudah maka klik Install > Activate.

buat website bisnis, website umkm - klik appearance - klik themes - pilih tema

Selanjutnya untuk menambah plugin, pilih Plugins > Add New > cari plugin yang kamu butuhkan.

buat website bisnis, website umkm - klik plugins - pilih add new

Optimasi website

Apabila tampilan website sudah dirasa sempurna, sekarang saatnya untuk mengoptimasi website. Optimasi dilakukan agar situs kamu dapat muncul pada halaman teratas Google, sehingga bisnis kamu lebih mudah ditemukan.

Untuk membantu website muncul pada halaman teratas, pastikan jika situs sudah sesuai dengan kriteria SEO friendly. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi situs, diantaranya seperti.
  • Membuat tombol navigasi yang mudah.
  • Memperhatikan kecepatan website.
  • Memperhatikan antar link halaman.
  • Upload konten yang relevan dengan website, dan masih banyak lagi.
Itulah kurang lebih beberapa cara buat website UMKM lewat Jagoan Hosting. Tidak perlu khawatir jika kamu baru pertama kali mengatur website, karena team support Jagoan Hosting siap membantu kamu mewujudkan website bisnis UMKM.

Siap Kembangkan Bisnis dan UMKM Melalui Website?

Dari serangkaian penjelasan di atas semakin membuat kamu yakin untuk buat website bisnis? Hobi konsumen dalam berbelanja online membuat para pelaku bisnis dan UMKM harus mengikuti kebutuhan tersebut. 

Namun di samping itu juga memberi beragam manfaat bagi pelaku bisnis, yaitu jangkauan pasar yang semakin luas.

Sehingga, pelanggan yang sebelumnya belum tahu, karena website mereka jadi tahu adanya brand bisnis kamu. Jadi, tunggu apa lagi segera online-kan bisnis serta UMKM lokal dan kembangkan bisnis menjadi lebih besar. Selamat mencoba, semoga membantu!

Baca juga

Post a Comment