-->

Pemenang Sayembara Desain Ibu Kota Baru

Konten [Tampil]


Melanjutkan postingan sebelumnya tentang wacana pemindahan Ibu Kota, kali ini kita akan membahas soal sayembara desain ibukota baru yang beberapa bulan belakangan ini telah diselenggarakan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Sayembara desain ibukota baru telah dibuka bulan oktober lalu, dan terdapat 700 lebih peserta yang mengikuti sayembara tersebut, dari peserta tersebut akan diambil 5 sebagai pemenang, tentunya desain tersebut harus mengandung kriteria yang sudah ditentukan, diantaranya adalah :

1. Mencerminkan identitas bangsa
2. Menjamin keberlanjutan lingkungan, sosial, dan ekonomi
3. Mewujudkan kota yang cerdas, modern, dan berstandara Internasional

Pada 23 Desember kemarin telah diumumkan siapa saja pemenang desain ibukota yang baru yaitu :
Juara I bertema "Nagara Rimba Nusa"
Juara II bertema "The Infinite City"
Juara III bertema "Kota Seribu Galur"
Juara harapan I bertema "Zamrud Khatulistiwa"
Juara harapan II "Banua Rakyat"

Masing - masing pemenang mendapatkan hadiah uang tunai, pemenang I mendapatkan 2 Miliar, pemenang II mendapatkan 1,25 Miliar, dan pemenang III mendapatkan 1 Miliar. Sementara itu harapan I mendapatkan 500 juta dan harapan II mendapatkan 250 juta.

Dalam video yang diunggah oleh channel tvOneNews pada senin 23 Desember kemarin Sibarani Sofian selaku ketua tim pemenang pertama mengungkapkan bahwa nama Nagara Rimba Nusa berawal dari kata Nagara yang berarti sebuah ibu kota kemudian Rimba dan Nusa merupakan identitas Negara Indoensia sendiri yaitu memiliki hutan tropis yang merupakan salah satu hutan terbesar di dunia, sehingga nama tersebut dipilih sebagai tema pembuatan desain ibukota baru.

Dan pada 27 Desember besok pemenang pertama, kedua, dan ketiga akan berkumpul untuk berkolaborasi mengenai desain mereka, karena setiap pemenang memiliki kekurangan dan kelebihan pada desain mereka masing -  masing.

Jika kalian ingin melihat penampakan desain ibukota dari masing - masing pemenang dapat di lihat disini ya https://www.youtube.com/watch?v=h1a9GXU3e8k :)




Baca juga

Post a Comment