-->

Soft Skill yang Dibutuhkan di Era Revolusi Industri

Konten [Tampil]

Bagaimana kabar kalian ?, pastikan tetap #dirumahaja ya kawan, nah di artikel kali ini aku akan membahas beberapa soft skill yang perlu kalian kembangkan di era Revolusi Industri atau singkatnya 4C, apa aja sih 4C itu, yuk mulai.  

1. Communication
Yap sebut saja komunikasi, atau kemampuan berkomunikasi. Komunikasi bukan hanya via telepon, Whatsapp, ataupun media komunikasi lainnya, tetapi juga kemampuan berbicara di depan umum. Karena ada sebagia orang yang mampu berkomunikasi secara tulisan namun tidak secara lisan. Soft skills ini tentunya dapat dilatih. Dengan adanya soft skills ini diharapkan setiap orang mampu berkomunikasi secara efektif terhadap satu sama lain.

2. Colaboration
Atau kolaborasi, adalah kemampuan bekerja sama, beradaptasi daladm berbagai peran, dan tnaggung jawab. Mengapa berkerjasama itu penting ? karena di era Revolusi industri ini, sebagian besar pekerjaan dilakukan secara team work, maka diharapkan soft skills ini dapat dimiliki oleh setiap orang.

3. Creativity
Kreatifitas adalah kemampuan menyampaikan ide - ide baru dan berusaha untuk mengembangkan ide tersebut, kreatifitas juga dapat diartikan mengikuti perkembangan arus yang ada dan menghasilkan penemuan – penemuan baru.

4. Critical thinking
Critical thinking atau biasa disebut berpikir kritis adalah kemampuan untuk memahami, menalar, dan menyerap berbagai informasi yang ada, dan tentunya tidak lupa untuk memfilter, sehingga menemukan jalan keluar dan solusi untuk masalah yang sedang terjadi.

Nah itu dia, soft skills yang diperlukan di era Revolusi Industri 4.0 ini, industri tentunya akan mengalami kemajuan setiap tahun, dan mungkin setiap waktunya. Oleh karena itu, kita harus terus mengembangkan potensi yang ada pada diri kita.

Semoga bermanfaat sobat, jangan lupa tetap #dirumahaja.                         

Baca juga

Post a Comment