-->

Mendapatkan Penghasilan dari Menulis di Masa Pandemi

Konten [Tampil]

Di masa pandemi COVID-19 ini, banyak hal yang mengalami perubahan dari mulai belajar dari rumah, beribadah dari rumah, sampai bekerjapun dari rumah atau Work From Home. Bahkan ada banyak perusahaan yang terpaksa mem-PHK karyawannya, karena ekonomi yang sedang tidak stabil. Dan tidak sedikit pula mereka bingung akan mencari pekerjaan seperti apa di masa seperti ini. Namun, di era modern seperti ini, dimana ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan secara online, dan salah satunya adalah menulis.

Bagi sebagian orang, mungkin menulis merupakan hobi mereka. Mungkin lewat menulis juga mereka dapat mengekspresikan suasana hati mereka. Bagi saya sendiri tulisan itu ibarat sebuah dokumentasi, disana saya mendokumentasikan berbagai hal yang sudah terjadi pada diri saya sendiri. Kadang kala saya membagikan tulisan itu, entah dalam bentuk sebuah narasi, maupun sajak.

Lalu dimana saya menuliskan itu semua? Ya, di blog, saya mulai menulis awal kelas satu SMK, hanya sekadar tugas sekolah saja, setelah itu cukup lama off, dan mulai lagi saat kegiatan PKL(Praktek kerja langsung), disana saya dibimbing untuk terus menulis, beliau –orang yang membimbing saya berkata “tulis saja hal sesukamu entah itu ilmu yang kamu dapat, aktivitas keseharianmu atau apapun itu, rajin – rajin saja menulis di blog”, awalnya memang hanya bertujuan untuk menulis, sampai beliau bilang kalau dari menulis di blog saja, kita bisa mendapatkan penghasilan atau bahasa modern nya sekarang adalah Adsense. Saya memang tidak terlalu paham dengan hal itu, saya menganggap, penghasilan itu hanyalah bonus semata dari menulis.

Sampai suatu waktu saya berniat untuk menekuni bidang tersebut. Saat awal menulis niatkan saja hatimu semata – mata bahwa kalian ingin sharing atau membagikan informasi yang kalian ketahui. Jika kebiasaan itu sudah tertanam di diri kalian, maka untuk melanjutkan ke langkah berikutnya akan semakin mudah. Hingga beberapa bulan yang lalu saya berniat membeli domain untuk blog saya, dan waktu itu saya dengar bahwa terdapat salah satu penyedia layanan hosting , yang sedang memberikan saldo gratis, dan nantinya saldo tersebut dapat kita gunakan untuk membeli domain, perusahaan tersebut merupakan Exabytes Indonesia, dimana ia adalah salah satu penyedia layanan HostingTerbaik Indonesia.

Tidak perlu waktu lama, saat itu juga saya registrasi menjadi member, dan benar saja setelahnya saya mendapatkan saldo 100 ribu rupiah, yang langsung saya gunakan untuk membeli Domain Murah yang ada di Exabytes. Setelah domain terpasang, saya langsung rajin menulis, saya berniat untuk mendaftarkan blog saya ke Google Adsense,walaupun tidak dalam waktu yang dekat ini, namun dengan terpasangnya domain di blog saya, cukup membuat saya percaya diri untuk mendaftarkannya. Saya sadar, untuk mendapatkan acc  dari Google  tidak semudah itu, terlebih bukan hanya orang Indonesia saja yang menulis, dan daftar Adsense namun juga, orang di seluruh penjuru dunia.

Tidak cukup 1 kali mendaftar, setelah memperbaiki beberapa kesalahan, di ketiga kalinya saya mendaftar, saya mendapat acc darisana dan akhirnya satu persatu keinginan saya terwujud. Walaupun sampai saat ini jumlah saldonya belum seberapa, namun saya yakin pasti akan ada hasilnya, itu semua tergantung rajin tidaknya diri kita sendiri.

Nah, mungkin bagi beberapa orang yang kehilangan pekerjaan mereka, menulis dapat menjadi salah satunya pilihan, walaupun haslinya tidak langsung terasa setidaknya kalian mempunyai hasil darisana.  Yang dapat membantu keadaan ekonomi kalian di masa seperti ini.

Untuk mulai menulis kalian dapat menggunakan platform blog atau bahkan wordpress, dan di Exabytes sendiri terdapat Hosting WordPress Terbaik bagi kalian yang menggunakan wordpress, dan ingin mencoba membeli hosting.

Selain menulis di platform tersebut, untuk kalian yang ingin cepat memperoleh hasilnya, kalian juga bisa sembari membuka jasa menulis atau istilahnya freelance, disana kalian menulis jika terdapat klien yang memesan artikel. Kalian bisa mematok harga sesuai dengan harga umum di pasaran. Lewat jasa ini mungkin akan cepat mendapat hasilnya, dibandingkan dengan Adsense.

Di masa pandemi seperti ini, tentunya banyak waktu luang kita dirumah, karena itu gunakanlah waktu tersebut dengan sebaik mungkin, disamping itu pula banyak hal yang bisa kita lakukan dengan adanya internet, dengan begitu internet akan membuat pekerjaan kita lebih mudah. Manfaatkan internet untuk melakukan hal yang positif, lebih baik lagi jika sampai bisa mendapatkan hasil darisana.

Terlepas dari itu semua, kunci agar kita mendapatkan apa yang kita mau, adalah bersungguh – sungguh. Bagi kalian yang sedang mengalami PHK, jangan berkecil hati, teruslah berusaha, mungkin saja di depan sana Tuhan telah menyiapkan lebih dari yang kalian kira.

Semoga artikel ini dapat menginspirasi kalian semua. Jika dirasa artikel ini bermanfaat kalian dapat membagikannya ke teman teman kalian. Terimakasih telah berkunjung.

 


Baca juga

4 comments

  1. Aku udah berhenti adsense, susah dapatin trafiknya :D
    Btw, dari Purwokerto juga ya? Salam kenal ya.

    ReplyDelete
  2. Iya ka memang, ngga bisa kalau cuma ngandalin dari adsense :D
    Salam kenal juga ka :)

    ReplyDelete

Post a Comment